sebuah penelitian filsafat (humanisme seorang Kahlil Gibran)

HUMANISME SEORANG KAHLIL GIBRAN
DALAM TEKS KARYA SASTRANYA
YANG BERJUDUL “PESAN CINTA RAHASIA”.


I. Latar Belakang Masalah

Filsafat adalah studi yang mempelajari seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis. Hal ini didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan problem secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu, serta akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektik (dialog). Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa. Filsafat itu juga adalah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang alam dan keberadaannya dan kehidupannya manusia itu sendiri. Filsafat itu mengandung pengetahuan tentang hubungan manusia itu sendiri dengan Tuhan dan alam. Karya sastra adalah karya manusia, dimana tersurat tentang pengalaman hidup dan keberadaan manusia itu sendiri di alam lingkungannya sehari-hari. Karya sastra itu adalah sebuah keindahan yang tersurat dalam bentuk teks/tulisan yang bisa dibaca oleh manusia itu sendiri. Dengan banyaknya karya-karya sastra yang bertajuk cinta yang ditulis dalam teks (seperti buku, novel, puisi, drama, dsb), banyak hal tentang hakikat dasar bagaimana sebenarnya hubungan yang baik antar manusia itu sendiri. Manusia yang diciptakan Tuhan mempunyai hati untuk bisa merasakan apa yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari. Permasalahan yang seringkali timbul pada saat membaca teks-teks karya sastra adalah terlalu fokus pada akhir cerita, tanpa memahami makna, pesan yang tersirat dan tersurat, yang sebenarnya ingin disampaikan oleh si penulis teks tersebut. Dimana pesan itu menjelaskan bagaimana seharusnya manusia itu bertindak dan berperilaku terhadap sesamanya manusia untuk menciptakan sebuah hubungan yang bersifat mutualisme. Karya sastra itu sendiri adalah sebuah objek dimana di dalamnya tersurat dan tersirat pikiran-pikiran manusia tentang kehidupan dan tingkah laku manusia itu sendiri. Teks-teks karya sastra tersebut mengandung unsur-unsur filosofi tersendiri. Oleh sebab itu, kami sebagai peneliti memilih teks karya satra sebagai objek penelitian untuk menjelaskan secara mendetail hubungan manusia dengan sesamanya.

II. Perumusan Masalah 

1. Bagaimana hakikat dasar hubungan antara manusia itu dengan sesamanya yang tersurat dalam teks karya sastra “Pesan Cinta Rahasia” karya Kahlil Gibran?.

2. Bagaimana isi teks tersurat, yang sarat dengan ungkapan cinta, memberikan pesan tersirat kepada pembacanya mengenai hubungan manusia dengan sesamanya?.

3. Apakah antara isi teks mempunyai berhubungan erat dengan latar belakang kehidupan si penulis, Kahlil Gibran, dengan sesamanya di dalam perjalanan kehidupan sosialnya?.

 4. Bagaimanakan pendapat orang-orang yang telah membaca teks karya Kahlil Gibran tersebut?. Dalam hal ini pendapat orang-orang yang menyatakan bahwa benarkah Kahlil Gibran itu seorang humanis sesuai dengan isi karya-karyanya?.

III. Tujuan Penelitian

Penelitian historis faktual ini adalah mengenai teks naskah kumpulan cerita cinta karya Kahlil Gibran, seorang penulis handal yang sangat terkenal dengan buku-buku hasil tulisannya, yang berjudul “Pesan Cinta Rahasia”. Tentu saja penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah teks karya sastra seorang penulis terkenal, Kahlil Gibran, mengandung nilai-nilai hubungan antara manusia itu sendiri dengan sesamanya dalam berkehidupan sehari-hari. Selanjutnya bagaimanakah sebenarnya perilaku manusia terhadap sesamanya sehubungan dengan kata “cinta” tanpa mengesampingkan arti cinta di mata Tuhan, adalah sebagian dari tujuan penelitian ini. Dengan penelitian ini kami ingin mengetahui bagaimana teks naskah cerita cinta, sastra modern, tersebut memberikan pesan kepada pembacanya tentang hubungan manusia itu dengan sesamanya.

IV. Tinjauan Pustaka 

Kahlil Gibran. 2009. Puisi Cinta Rahasia. Jakarta: Penerbit NARASI.
 “Buku ini berisikan kumpulan cerpen-cerpen Kahlil Gibran yang sarat dengan ungkapan perasaan cinta. Teks karya sastra ini memuat kalimat-kalimat yang bernuansa cinta dan diungkapkan secara tersurat dengan pilihan kata-kata yang mengandung nilai sastra yang sangat menggugah hati si pembaca”. http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat. Situs ini menjabarkan tentang arti filsafat dan juga menerangkan bagaimana fungsi dan keberadaan ilmu filsafat itu dalam mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang ada di salam kehidupan manusia itu.  

http://www.puisi.org/2008/02/28/cinta-sebuah-karya-dari-khalil-gibran/
 Situs ini menyebutkan Kahlil Gibran adalah seorang penyair dalam jejak antara romantisme dengan eksistensialisme. Mereka menyebutkan Kahlil Gibran mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan, diantaranya cinta dimana sinta itu bias menggiring manusia itu, pembaca, kepada sebuah padang yang lebar dengan nama “keberadaan”.

http://4umi.com/gibran/biography
Situs ini menjabarkan tentang latar belakang kehidupan Kahlil Gibran dan juga tentang bagaimana latar belakang tersebut mempengaruhi karya-karyanya yang bernuansa cinta (cinta dalam hati manusia).

http://www.google.com/search?hl=en&tbo=s&tbs=frm%3A1&q=karya-karya+kahlil+gibran&aq=0&oq=KARYA-KARYA+KAHLIL&aqi=g1 http://www.google.com/search?hl=en&tbo=s&tbs=frm%3A1&q=puisi+cinta+kahlil+gibran&aq=0&oq=PUISI+CINTA+KAH&aqi=g3g-m2
 Situs berisi kumpulan karya-karya Kahlil Gibran yang berisikan ungkapan cinta dan perasaan manusia terhadap sesama insan manusia. Kumpulan karya tersebut sarat dengan kalimat-kalimat cinta.

V. Hipotesis

Larry K, seorang penulis di tabloid ternama di Amerika, mengatakan bahwasanya Kahlil Gibran itu adalah seorang penulis yang “sick man” penuh dengan “ide gila” tentang cinta.

Situs www.oprah.com menyebutkan kekuatan karya-karya sastra Gibran yang sarat dengan nuansa cinta ‘manusia’ yang mengerti akan kepuasan, kegelisahan dan ketakutan akan adanya cinta di hati manusia itu sendiri.

Terry, seorang penulis terkenal di Australia yang menyebutkan Kahlil Gibran adalah mahluk yang penuh dengan ide-ide tentang kebaikan manusia dan rasa maaf dari hati atas keberadaan rasa cinta.

VI. Metodologi Peneletian

Untuk melakukan penelitian ini, kami akan memakai beberapa metode yang sangat bermanfaat bagi kami dalam menemukan hasil yang akurat dan sesuai dengan pedoman yang berlaku. Adapun beberapa metode yang akan kami pakai adalah sbb:

1. Interpretasi.
Kami akan mencoba memahami arti (tersirat) dan nuansa yang dimaksudkan oleh kalimat cinta yang tersurat dalam teks tersebut.

2. Induksi.
Kami akan menelaah satu persatu isi kalimat yang ada dalam teks yang kemudian memberikan kesimpulan secara menyeluruh/general tentang hakikat dasar hubungan manusia dengan sesamanya.

3. Kesinambungan historis.
Kami akan melakukan metode ini dengan melihat sejarah kehidupan pengarang dan apa yang ditulisnya dalam teks /naskah karyanya. 4. Bahasa inklusif dan analog. Kami akan mengungkapkan isi teks dengan gaya bahasa pengarang. 5. Koherensi Intern. Kami akan mencari pemahaman tentang pemikiran-pemikiran humanis antar tokoh yang ada dalam teks naska cerita tersebut.

END

Komentar

Gunawan Tambunsaribu mengatakan…
gooooooooooooooodddddddddd

Postingan populer dari blog ini

Tuhan,,,jangan KUTUK Indonesiaku....

DUKA INDONESIAKU